Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Zaman keemasan pendidikan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Nabundong Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara 1933–1981

Harahap, Rinto (2022) Zaman keemasan pendidikan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Nabundong Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara 1933–1981. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1823100251.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Pesantren atau yang lebih dikenal dengan istilah pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang keIslaman. Kehadiran lembaga pendidikan pondok pesantren ini mampu menghasilkan ulama-ulama besar yang berkualitas tinggi dan dijiwai oleh semangat untuk menyebar luaskan serta memantapkan keimanan orang-orang Islam. Salah satu lembaga pendidikan pondok pesantren tersebut adalah Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Nabundong yang beralamat di Desa Gunung Tua Julu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian tesis ini akan membahas tentang zaman keemasannya yang dibatasi mulai tahun 1933 – 1981. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif field research. Adapun pendekatan yang digunakan dengan pendekatan historis dan menggunakan metode penelitian sejarah dengan melalui tahapan heuristik, yaitu dengan mengumpulkan sumber-sumber sejarah dengan cara wawancara, arsip-arsip dari dokumen-dokumen terkait pondok pesantren. Selanjutnya, melakukan verifikasi data, interpretasi, dan historiografi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yakni teknik content analisis dan reduksi data, penyajian data dan serta penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data melalui ketekunan pengamatan, triangulasi data dan pengecekan dengan teman sejawat. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Nabundong pada tahun 1933 – 1981 memegang prinsip-prinsip sistem pendidikan tradisional dengan metode pembelajaran non klasikal. Dan semua materi ajar yang disampaikan 100% bersumber dari kitab-kitab klasik. 2. Adapun Zaman Keemasan Pendidikan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Nabundong pada tahun 1933 - 1981 yaitu pada masa ini adalah kepemimpinan pendirinya yaitu tuan guru Syekh Ahmad Daud. Pada masa ini merupakan masa keemasan pendidikan Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Nabundong. Hal ini bisa dilihat berdasarkan analisis peneliti yang menunjukkan, bahwa kemajuan yang dicapai merupakan indikator kemajuannya. Masa keemasan tersebut dapat dilihat dari aspek kuantitas dan kualitas santri/ahnya. Secara kuantitas, dapat dibuktikan dengan banyaknya santri/ah yang datang belajar dari berbagai daerah seperti Tapsel, Riau, Labusel, Padang Lawas dan Padang Lawas Utara. di Tabagsel di mana mereka juga dibimbing oleh para ulama-ulama besar pada masa itu, diantaranya. Sedangkan secara kualitas terukur dengan melihat sebaran alumninya yang mempunyai karir yang bagus dalam mendirikan dan memimpin lembaga pendidikan pondok pesantren di berbagai daerah. Misalnya Pondok Pesantren Baiturrahman, Pondok Pesantren Ubar Hasan Nauli, Pondok Pesantren Syekh Ahmad Daud dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Sehat Sultoni Dalimunthe, M.Ag.
Keywords: Zaman keemasan; Pesantren Darul 'Ulum Nabundong
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:50
Last Modified: 06 Jul 2023 01:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8870

Actions (login required)

View Item View Item