Pulungan, Marli Suhadi (2022) Internalisasi nilai nilai akhlak dalam program mentoring di Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1823100238.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Tesis ini berjudul Internalisasi Nilai-nilai AkhlakDalam Program Mentoring di Pondok Pesantren Al-azhar Bi’Ibadillah. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya siswa-siswi dilembaga pendidkan formal, baik di lembaga pendidikan umum, madrasah bahkan di sekolah peasntren yang melakukanperbuatan-perbuatan yang negative. Contoh-contoh perbuatan negative tersebut seperti merokok, pacaran, bolos bahkan mencuri. Tidakterkecuali di Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah. akan tetapi Ponpes Al-Azhar bisa meekan angka itu dengan membuat satu program Mentoring. Dari penomena mentoring inilah penelti tertarik mengangkat judul tesis diatas. Adapun tujuan penelitian ini ada tiga yaitu, 1) ingin mengetahui seperti apa akhlak-akhlak santri-santriyah di Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah, 2) ingin mengetahui tahapan-tahapan internalisasi nilai-nilai akhlak dalam program mentoring di Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah, 3) ingin mengetahuiKendala dan Upaya yang dilakukan Murobbi dan Murobbiyah dalam melakukan internalisasi nilai-nilai akhlak dalam program entoring di Pondok Pesantren Al-Azhar Bi’ibadillah. Metode yang digunakan dalam penelitian inilah adalah metode kualitatif. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan ada dua primer dan skunder. Sumber data primer adalah murobbi dan murobbiyah. Sedangkan sumber data sekundernya ada kepala MA, MTS sampai ke ketua yayasan ditambah lagi dengan keterangan para guru-guru PAI. Sedangkan instrument pengumpulan datanya da 1) observasi, 2) wawancara, 3) studi dokumen. Adapun yang enjadi hasil peneliatn ini adalah. 1) terdapat bahwa melalui program mentoring parasantri/mutarobbi memiliki akhlak yang baik kepada Allah, Orang Tua, guru, diri sendiri, teman sebaya, dan nasyarakat lain. 2) ada tahap-tahapan yang dilakukan murobbi dalam melakukan internalisasi nilai-nilai akhlak yaitu, tahap transformasi nilai, transaksi nilai, tahap tran-Internalisasi, tahap pendalaman materi. 3) kendaalanya ada karena fasilitas belum memadai, guru yang tidak mengerti, kurang kerjasama, adanya siswa yang masih susah di atur, sedangkan upayanya adalah, preventif, Persuasif, kooperatif, represif, pendalaman pendidikan agama sertapembinaan kerohaniaan islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Zainal Efendi Hasibuan, M.A. |
Keywords: | Akhlak; Program mentoring; Pesantren |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 09:03 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 09:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8867 |
Actions (login required)
View Item |