SS, Deden Hidayat (2022) Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa MAN IC Tapanuli Selatan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1823100237.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di MAN IC Tapanuli Selatan bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengajar, membimbing, membina akhlak kepribadian yang baik untuk mengubah karakter peserta didik dan guru biasanya lebih mudah menanamkan nilai-nilai keislaman kepada peserta didiknya. Adapun di sekolah tempat dimana peserta didik menerima pendidikan, termasuk pendidikan akhlak, namun di sekolah pula tidak terlepas dari tindakan kenakalan siswa seperti, merokok, perkelahian di lingkungan sekolah karena peserta didik saling menghujad sesama teman dengan sebutan pendek, bolos jam pelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kulitatif. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian lapangan (Field research) dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui penyajian data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam dan siswa Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tapanuli Selatan sedangkan sumber sekundernya ialah dokumen-dokumen yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah melakukan shalat lima waktu, hormat kepada kedua orangtua, guru dan sesama teman. Siswa juga mencerminkan akhlak yang baik dengan mengucap salam ketika berjumpa guru, menolong orang yang membutuhkan, membuang sampah pada tempatnya dan lainnya sehingga dapat dikatakan bahwa akhlak siswa terhadap guru, teman, pengawai, Pembina dan lingkungan sekolah maupun diluarnya sudah baik, namun masih ada yang tidak karena tidak semua siswa memiliki akhlakul karimah.sifat anak yang suka meniru terhadap orang-orang yang dikaguminya maka dalam pemberian materi, untuk meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di sekolah, untuk itu peran guru Pendidikan Agama Islam khususnya guru Akidah Akhlak sangat diperlukan baik itu peran sebagai motivator dan uswatun hasanah dan memegang tugas dan tanggung jawab terhadap akhlakul karimah siswa. Ada faktor pendukung dan penghambat bagi guru dalam meningkatkan akhlakul karimah siswa. faktor pendukungnya ialah lingkungan sekolah yang Islami dan kerjasama yang baik antar pendidik. Sedangkan faktor penghambatnya ialah siswa di lingkungan luar sekolah baik itu game online serta sarana prasarana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd. |
Keywords: | Peran guru pendidikan agama islam; Akhlakul karimah; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 08:56 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 08:56 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8866 |
Actions (login required)
View Item |