Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan islam materi dinasti abbasiyah melalui model pembelajaran distance learning pada Kelas XI IIS-3 MAN 2 Padangsidimpuan

Pulungan, Hotibul Umam (2020) Peningkatan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan islam materi dinasti abbasiyah melalui model pembelajaran distance learning pada Kelas XI IIS-3 MAN 2 Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1623100127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam merupakan permasalahan dalam penelitian ini, sehingga dilakukan tindakan dengan memotivasi peserta didik dan hasil belajar selama pandemi COVID 19, dalam konteks penelitian tindakan kelas bersifat E-learning atau Distance Learning, yaitu keterlibatan dalam proses pembelajaran tanpa tatap muka antara pendidik dan peserta didik. Keikutsertaan peserta didik dapat tercermin dari partisipasi/respon mereka baik dalam melihat proses pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh, menanggapi permasalahan, penjelasan maupun materi yang diberikan, mencari/melengkapi contoh yang akurat (up to date).Paparan masalah dalam penelitian ini adalah pertama, pembelajarannya kurang beraneka ragam terutama media pembelajaran sehingga materi seharusnya dikuasai dengan baik oleh peserta didik hasilnya kurang optimal dan hasil belajar peserta didik menurun. Faktor Kedua, kurangnya motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran selama pandemi COVID 19. Hal ini terlihat dari kurang mampunya peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal tentang Dinasti Abbasiyah dan kurangnya motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selama pandemi COVID 19. Adapun pelaksanaan tindakan untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Distance learning dengan menggunakan media pembelajaran video call dan channel youtube yang sudah disiapkan oleh penelitiagar meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam materi dinasti abbasiyah di kelas XI IIS-3 MAN 2 Padangsidimpuan. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model HOPKINS yaitu penelitian terdapat 5 komponen pokok yaitu, Identifikasi, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Objek dalam penelitian ini siswa kelas XI IIS – 3 MAN 2 Padangsidimpuan tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam materi dinasti Abbasiyah melalui model pembelajaran DistanceLearning Pada Kelas XI IIS - 3 MAN 2 Padangsidimpuan diketahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa sebagai berikut, Pada siklus I motivasi belajar sebesar 71,46%. Pada siklus II 85,85%, terjadi peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 14,39% dari siklus I. Hasil belajar siswa Pra siklus yang mencapai KKM 78 adalah 69,62%. Siklus I 77% terjadi peningkatan 7,38%. Siklus II 84,30%. terjadi peningkatan hasil belajar 7,3%. Dengan demikian motivasi dan hasil belajar mengalami peningkatan, sehingga hipotesis tindakan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Magdalena, M.Ag.
Keywords: Motivasi belajar; Sejarah kebuadayaan islam; Distance learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:39
Last Modified: 05 Jul 2023 08:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8864

Actions (login required)

View Item View Item