Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media komik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SD Negeri 22 Perkebunan Teluk Panji Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Ayuningtias, Windy (2022) Penggunaan media komik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di SD Negeri 22 Perkebunan Teluk Panji Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya motivasi belajar peserta didik terutama pada pembelajaran tematik, disebabkan jarangnya penggunaan media dalam pembelajaran, sehingga peserta didik kurang tertarik dengan pembelajaran yang dilaksanakan. Faktor penyebab kurangnya motivasi belajar peserta didik yaitu tidak adanya hasrat dan keinginan berhasil, tidak adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar, tidak adanya harapan dan cita-cita, tidak adanya kegiatan pembelajaran yang menarik, tidak adanya lingkungan belajar yang kondusif, serta tidak adanya penghargaan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi belajar peserta didik dalam menggunakan media komik pada pembelajaran tematik subtema pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan di kelas III SD Negeri 22 Perkebunan Teluk Panji Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Media komik merupakan kumpulan gambar bersejajar berbentuk karakter kartun yang memerankan suatu cerita berisi pesan atau informasi yang ingin dituju secara singkat, padat, dan mudah dipahami. Pemilihan media ini dikarenakan cukup menyenangkan, sebab dalam pembelajaran dapat memberikan kesempatan pada peserta didik untuk lebih aktif. Komik mempunyai daya tarik tersendiri untuk memikat peserta didik yang malas untu membaca menjadi tertarik untuk membaca. Karena pada umumnya karakteristik anak sekolah dasar membutuhkan media yang konkrit, menarik dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kurt Lewin yang berisi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, kuesioner, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media komik dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya persentase ketuntasan hasil tes motivasi belajar peserta didik disetiap siklusnya. Pada pra siklus hasil tes motivasi belajar peserta didik yaitu sebesar 26%, pada siklus I hasil tes motivasi belajar peserta didik pertemuan ke-1 sebesar 37% pertemuan ke-2 sebesar 47%, pada siklus II hasil tes motivasi belajar peserta didik pertemuan ke-1 sebesar 73% dan pertemuan ke-2 sebesar 89%. Pada hasil angket juga mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Pada pra siklus motivasi belajar peserta didik mencapai 50%, pada siklus I motivasi belajar peserta didik mencapai 73%, serta pada siklus II motivasi belajar peserta didik mencapai 87%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Syafrilianto, M.Pd. dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd.
Keywords: Media komik; Motivasi belajar; Pembelajaran tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Jun 2023 08:25
Last Modified: 15 Jun 2023 08:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8844

Actions (login required)

View Item View Item