Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan video animasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan

Batubara, Aisah Purnama Sari (2022) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan video animasi pada pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran bahasa indonesia di kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya kreativitas guru dalam menerapkan media pembelajaran khususnya media video animasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar menurut Taksonomi Bloom. Dalam menilai hasil belajar siswa pada ranah kognitif dibagi menjadi enam jenjang proses berpikir yaitu mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan berkreasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan media pembelajaran video animasi yang berupaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Sesuai dengan jenis penelitian ini, maka penelitian ini memiliki tahap tahap penelitian yang berupa siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan yang terdiri dari 17 siswa laki laki dan 8 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran, mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran, membangkitkan minat atau ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan menjadikan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Pada siklus I pertemuan 1 nilai hasil tes atau nilai rata-rata kelas adalah 63,8 dengan persentase ketuntasan 28% dan pada pertemuan kedua meningkat menjadi 72,6 dengan persentase ketuntasan 52% dan pada siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 77,4 dengan persentase ketuntasan 76%, dan pada siklus II pertemuan kedua meningkat menjadi 81,2 dengan persentase ketuntasan 92%. Jadi dapat dilihat bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan video animasi pada materi membaca teks di kelas IV MIN 2 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar; Pembelajaran bahasa Indonesia; Video animasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Jun 2023 08:13
Last Modified: 15 Jun 2023 08:13
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8843

Actions (login required)

View Item View Item