Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru dalam membentuk sikap disiplin siswa pada pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di Kelas IV SD IT Darul Hasan Hutaimbaru Padangsidimpuan

Fatimah, Reyza (2022) Strategi guru dalam membentuk sikap disiplin siswa pada pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di Kelas IV SD IT Darul Hasan Hutaimbaru Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh disiplin merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena dapat membentuk karakter peserta didik. Guru di SD IT Darul Hasan Padangsidimpuan sudah menerapkan profesionalisme dalam membentuk sikap disiplin peserta didik, akan tetapi masih ada peserta didik yang kurang maksimal dalam mengaplikasikan sikap disiplin yang belum mematuhi peraturan yang ada di sekolah. Oleh karena itu penting bagi seorang guru untuk mengetahui strategi apa yang digunakan dalam untuk membentuk sikap disiplin dan pelaksanaan guru dalam membentuk sikap disiplin peserta didik. Penelitian ini sesuai dengan teori Nurhayati yang dimana strategi dalam meningkatkan sikap disiplin menggunakan pola pembiasaan dan pola modeling. Kemudian juga dengan teori Imam Gunawan yang menyatakan bahwa strategi guru dalam membentuk sikap disiplin peserta didik dengan adanya tata tertib, hukuman, dan konsisten konsekuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dan instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data dianalisis dengan langkah yaitu reduksi, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Strategi guru dalam membentuk sikap disiplin siswa pada pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas IV SD IT Darul Hasan Padangsidimpuan berdasarkan dengan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan, bahwa guru menggunakan beberapa strategi yaitu pola pembiasaan, pola modeling, hukuman, konsisten dan kosekuen. 2) Strategi guru dalam membentuk sikap disiplin siswa pada pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan kelas IV SD IT Darul Hasan Padangsidimpuan, dalam pelaksanaan strategi tersebut guru sudah melaksanakannya dengan baik selama pembelajaran berlangsung, seperti mengarahkan dan membimbing peserta didik untuk lebih patuh terhadap peraturan yang ada di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah, M.Pd. dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd.
Keywords: PPKn; Strategi guru; Sikap disiplin
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Jun 2023 08:03
Last Modified: 15 Jun 2023 08:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8841

Actions (login required)

View Item View Item