Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA pada materi siklus makhluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SD Negeri 162 Aek Marian Kabupaten Mandailing Natal

Mardiah, Mardiah (2022) Penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPA pada materi siklus makhluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SD Negeri 162 Aek Marian Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswadalampembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 162 Aek Marian. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran konvensional dimana pembelajaran masih berpusat kepada guru sehingga siswa hanya bisa menerima materi apa yang disampaikan oleh guru saja. Serta kurangnya media yang mendukung proses pembelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut di lakukan pembaharuan proses pembelajaran yaitu dengan penggunaan media gambar poste terutama pada materi siklus makhluk hidup untuk meningkatkan hasil belajar para siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini: apakah penggunaan media gambar poster dalam pembelajaran IPA pada materi siklus makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 162 Aek Marian Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah ada atau tidak adanya peningkatan hasil belajar siswa di SD Negeri 162 Aek Marian kabupaten mandailing natal setelah digunakannya media gambar poster. Hasil belajar adalah hasil yang diberikan kepada setiap siswa berupa penilaian setelah melakukan proses pembelajaran dengan menilai pengetahuan, sikap, keterampampilan pada diri siswa dengan adanya perubahan tingkah laku siswa dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam peneliti adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara sitematis reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan guru sekaligus sebagai peneliti, yang disusun dari perencanaan sampai penilaian terhadap tindakan nyata. Proses penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan reflektif. Dilihat dari hasil belajar siswa, pada pra siklus nilai rata rata siswa yaitu 65 dengan persentase ketuntasan 40% meningkat pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata kelas yaitu 71,38 dengan persentase ketuntasan 55,55%, pada pertemuan 2 nilai rata-rata kelas yaitu 76,38 dengan persentase ketuntasan 72,22%. Sedangkan siklus II pertemuan 1niali rata-rata kelas sebesar 79 dengan persentase ketuntasan 83,33%, pada pertemuan ke 2 nilai rata-rata kelas sebesar 82 dengan persentase ketuntasan 88,88%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah, M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd.
Keywords: Media gambar; Siklus makhluk hidup; Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Jun 2023 03:14
Last Modified: 15 Jun 2023 03:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8835

Actions (login required)

View Item View Item