Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika pembelajaran daring di MIN 5 Tapanuli Tengah

Adawiyah, Rabiatul (2022) Problematika pembelajaran daring di MIN 5 Tapanuli Tengah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1720500132.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah dunia pendidikan masih banyak problematika yang terjadi, salah satunya dengan adanya wabah pandemi COVID-19 yang melanda sektor pendidikan. Terbitnya surat Edaran Bupati Tapanuli Tengah Nomor 420/1073/2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Peneybaran (COVID-19) Kabupaten Tapanuli Tengah, sehingga berakibat sistem pembelajaran mengalami perubahan secara drastis. Maka dari itu peran media sosial sangat diperlukan dalam proses pelaksanaan pembelajaran daring. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran daring di MIN 5 Tapanuli Tengah, dan bagaimana problematika pembelajaran daring di MIN 5 Tapanuli Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring di MIN 5 Tapanuli Tengah dan problematika pembelajaran daring di MIN 5 Tapanuli Tengah. Metodologi penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriftif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara tidak terstruktur atau bebas, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik pengolahan analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran daring di MIN 5 Tapanuli Tengah antara lain daya serap siswa terhadap materi pembelajaran daring, keterbatasan fasilitas, dan jaringan (sarana dan prasarana), kurangnya kerjasama orang tua dan siswa, pencapaian tujuan belajar tidak maksimal, dan terbatasnya interaksi siswa. Problematika yang muncul pada masa COVID-19 menjadi permasalahan pada pembelajaran daring di MIN 5 Tapanuli Tengah yang jika terus dibiarkan akan memiliki dampak negatif terhadap hasil belajar siswa serta menghambat kelancaran proses pelaksanaan pembelajaran di MIN 5 Tapanuli Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd.
Keywords: Problematika; Pembelajaran daring
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:08
Last Modified: 15 Jun 2023 02:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8833

Actions (login required)

View Item View Item