Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap earnings response coefficient (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI)

Manurung, Syafitri I (2022) Pengaruh ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap earnings response coefficient (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1740200113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI. Fenomena dalam penelitian ini ialah adanya fluktuasi pada ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap earnings response coefficient dalam kurun tahun 2016-2020 pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI. Dimana teori menyatakan jika ukuran perusahaan meningkat maka ERC nya juga memiliki kualitas yang baik tetapi yang terjadi sebaliknya, dan jika struktur modal nya menurun akan berdampak positif terhadap ERC tetapi yang terjadi sebaliknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap earnings response coefficient pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap earnings response coefficient pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ukuran perusahaan, struktur modal dan earnings response coefficient. Teori yang dibahas peneliti berkaitan dengan bidang ilmu Akuntansi dan Keuangan. Pendekatan teori ini juga berkaitan dengan masalah yang diteliti yaitu ukuran perusahaan, struktur modal danearnings response coefficient serta pendukung teori lainnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data panel. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji pemilihan model data panel, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dengan pengolahan data menggunakan software eviews versi 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap ERC dimana hasil analisis data menunjukkan nilai prob > 0,05 (0,8236 > 0,05) pada perusahaan manufaktur. Struktur modal secara parsial berpengaruh terhadap ERC dimana hasil analisis data menunjukkan nilai prob < 0,05 (0,0012 < 0,005) pada perusahaan manufaktur. Secara simultan ukuran perusahaan dan struktur modal berpengaruh terhadap ERC dimana hasil analisis data menunjukkan nilai prob < 0,05 (0,000 < 0,05) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Dan besarnya koefisien determinasi 86,82% mampu menjelaskan ukuran perusahaan dan struktur modal berpengaruh terhadap ERC.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Budi Gautama Siregar, S.Pd., M.M. dan Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si.
Keywords: Earnings response coefficient; Struktur modal; Ukuran perusahaan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:57
Last Modified: 12 Jun 2023 03:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8809

Actions (login required)

View Item View Item