Harahap, Rosida Hannum (2022) Determinan keputusan pembelian pakaian muslim di Tokopedia. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1740200255.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi menyebabkan perubahan perilaku konsumen yang awalnya berbelanja melalui offline shop berubah menjadi berbelanja melalui online shop. Salah satu market place yang paling digemari konsumen saat ini adalah Tokopedia. Tokopedia dengan segala kemudahannya hadir untuk memudahkan setiap individu dalam manjalankan aktivitas kehidupan yang semakin kompleks dan instan, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, testimoni, harga, efisiensi waktu dan promosi terhadap keputusan pembelian pakaian muslim secara parsial dan simultan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan gaya hidup, testimoni, harga, efisiensi waktu biaya dan promosi. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan bidang tersebut yaitu mengenai keputusan pembelian dari Kotler dan Keller. Menurut perspektif Islam sebelum mengambil keputusan dalam membeli setiap individu harus memperhatikan esensi dari sebuah produk tersebut, sebagia upaya untuk terhindar dari perbuatan yang dilarang Allah. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sampel dalam penelitian ini adalah Masiswa/i FEBI IAIN Padangsidimpuan yang pernah berbelanja di Tokopedia. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS versi 23 dengan menggunakan metode analisis uji normalitas, linearitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian ini memiliki nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,047 atau 4,7% artinya variabelgaya hidup, testimoni, harga, efisiensi waktu dan promosi mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 4,7%. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Kemudian hasil penelitian secara parsial menyatakan bahwa, testimoni, harga dan promosi berpengaruh pada keputusan pembelian sedangkan gaya hidup dan efisiensi waktu tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Hasil uji simultan menyatakan bahwa variabel gaya hidup, testimoni, harga, efisiensi waktu dan promosi secara bersama-sama tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Rodame Monitorir Napitupulu, M.M. dan Rini Hayati Lubis, M.P. |
Keywords: | Testimoni; Harga; Promosi; Keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 07:00 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 07:00 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8800 |
Actions (login required)
View Item |