Maulidina, Rika (2023) Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran fiqih materi haji di Kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Dalam proses pendidikan tidak mungkin lepas dari pembelajaran. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang efektif dan efisien yang sanggup mencapai tujuan. Dalam proses pembelajaran, membutuhkan media yang dapat membantu guru menyampaikan materi. Penggunaan sarana dan prasarana media audio visual di MAN Labuhanbatu sudah tersedia dan bisa dimanfaatkan sebagai media dalam pembelajaran. Latar belakang penelitian ini adalah ingin melihat bagaimana penggunaan media audio visual di kelas X MAN Labuhanbatu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih materi Haji di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Labuhanbatu dan Apa kendala di dalam Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih materi Haji di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Labuhanbatu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih materi Haji di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Labuhanbatu dan untuk mengetahui kendala di dalam penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih materi Haji di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Labuhanbatu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan secara sistematis fakta dan objek yang diteliti sesuai apa adanya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih materi Haji di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Labuhanbatu sudah cukup baik, guru menyampaikan materi dengan menggunakan video dan ditayangkan melalui infokus dan speaker. Sebelum menampilkan video guru terlebih dahulu menyampaiakn tujuan pembelajaran dan menyampaikan materi. Kemudian guru menampilkan video yang berkenaan dengan haji atau rukun-rukun haji, setelah itu guru melakukan evaluasi kepada peserta didik. Kendala pada penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Fiqih materi Haji di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Labuhanbatu yaitu 1) kendala dari guru yaitu laptop yang digunakan sedikit lambat dan mencari video yang sesuai dengan materi pelajaran. 2) kendala dari sarana prasarana sekolah yaitu alat pendukung media pembelajaran tidak semua kelas mempunyai. 3) kendala dari siswa sulitnya mengajak siswa untuk berinteraksi secara aktif dan masih ada siswa yang kurang memerhatikan materi yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Media audio visual; Pembelajaran fiqih; Haji |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 08:51 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 08:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8783 |
Actions (login required)
View Item |