Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan minat belajar pendidikan agama Islam siswa dengan menggunakan model pembelajaran contekstual teaching learning di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sosopan

Ritonga, Sintia Zahrona (2023) Meningkatkan minat belajar pendidikan agama Islam siswa dengan menggunakan model pembelajaran contekstual teaching learning di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sosopan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I Sosopan memiliki minat yang tergolong rendah pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dimana siswa banyak yang tidak aktif saat pembelajaran berlangsung, metode pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar yaitu ceramah dan tanya jawab sehingga siswa merasa pembelajaran tersebut sangatlah membosankan,sehingga untuk meningkatkan minat belajar siswa diperlukan model pembelajaran yang baru salah satunya iyalah model pembelajaran Contekstual Teaching Learning. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran Contekstual Teaching Learning dapat meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam siswa di kelas VIII SMP Negeri 1 Sosopan, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penerapan model pembelajaran Contekstual Teaching Learning dalam meningkatkan minat belajar Pendidikan Agama Islam Siswa kelas VIII di SMP Negeri I Sosopan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK ), penelitianini dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdiri dari II kali pertemuan. Penelitian juga dilakukan dengan 4 tahap yaitu: prencanaa, pelaksanaan / tindakan, pengamatan dan refleksi sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri I sosopan. Adapun hasil penelitian menunjukkan keaktifan peserta didik dari yang semula minat belajar siswa masih tergolong rendah, ketika dilaksanakan model pembelajaran Contekstual Teaching Learning pada siklus 1 minat siswa hanya 68.7 % setelah dilakukannya siklus II hasil angket minat belajar siswa menjadi 87.5 %, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contekstual Teaching Learning dapat meningkatkan minat belajar pendidikan agama islam siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sosopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Model Kontekstual Teaching Learning (CTL); Minat belajar pendidikan agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 07 Jun 2023 08:30
Last Modified: 07 Jun 2023 08:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8780

Actions (login required)

View Item View Item