Nurva, Annisa (2023) Strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100025.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya mutu pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Natal Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal. Hal ini dilihat dari waktu yang kurang relative terbatas untuk mengajar atau membimbing siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dimana waktu yang digunakan adalah 3X40 menit dalam satu minggu, proses pembelajaran yang hanya berpusat pada guru, guru jarang sekali menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang hanya monoton menyebabkan siswa malas dan tidak tartarik dalam proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Natal, strategi apa yang di gunakan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Natal, apa faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Natal, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Natal, untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Natal, untuk mengetahui faktor pendukukng dan penghambat yang dihadapi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Natal. Jenis penelitian ini adalah Kualitataif deskriptif, metode yang berusaha menggambarkan atau mendeskripsikan objek sesuai adanya. Penelitian ini menggunakan instrument pengumpulan data yang terdiri dari Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh, mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP negeri 1 Natal masih terdapat kekurangan, strategi guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam melalui menumbuhkan minta dan memfokuskan perhatian siswa, menyampaikan tujuan pembelajaran, mengulang pelajaran sebelumnya, menyampaikan materi pada pembelajaran, memberikan arahan kepada siswa, memberikan stimulus, memberikan penguatan, melakukan evaluasi. Faktor yang menjadi pendukung guru mengikuti workshop, guru mengadakan ekstrakulikuler, guru menyusun skenario pembelajaran, guru menggunakan strategi pembelajaran, guru mengadakan tes harian, guru mengadakan evaluasi, guru menggunakan RPP. Faktor pengambat, kurangnya kemauan siswa, kurangnya media dan sarana pendukung, kurangnya waktu pembelajaran, faktor keluarga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Drs. Lazuardi, M.Ag. |
Keywords: | Strategi; Guru; Mutu pembelajaran; Pendidikan agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 08:46 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 08:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8775 |
Actions (login required)
View Item |