Nasution, Muhammad Khoirul (2022) Pelaksanaan program menghafal al-Qur’an di Sekolah Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Ihsan Simpang Rawamakmur Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Proses pembelajaran Tahfidz yang berkaitan dengan target hafalan Al-Qur’an, Guru dan siswa sudah berupaya meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an. Namun, Guru dan siswa masih mengalami kesulitan dalam mengkondisikan hafalan tepat waktu dan kelancaran hafalan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah batasan hafalan Al-Qur’an siswa, metode siswa dalam menghafal Al-Qur’an, motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an, dan cara mengatasi hafalan Al-Qur’an siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana batasan hafalan Al-Qur’an siswa, apa metode siswa dalam menghafal Al-Qur’an, motivasi siswa dalam menghafal Al- Qur’an dan cara mengatasi hafalan Al-Qur’an siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecek keabsahan data dalam penelitian ini yaitu kredibilitas, dependabilitas, dan komfirmabilita. Analisis data terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program menghafal Al-Qur’an di lakukan di Sekolah Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Ihsan Simpang Rawamakmur Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu adalah menetapkan target hafalan Al-Qur’an Juz 30 dari Surat An-Nas sampai Al- Qodr. Dalam pelaksanaannya target ini menjadi mudah karena siswa dalam tiap tahapnya diberi target hafalan dan juga murojaah yang dilakukan secara kontinyu, pelaksanaan tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) Al-Ihsan Simpang Rawamakmur Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu pelaksanaannya enam hari dalam seminggu, setiap hari 45 menit. Adapun yang mendampingi siswa adalah Guru kelas masing-masing kelas yang merangkap menjadi Guru tahfidz. Siswa menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan metode Tahsin, Tahfidz, dan takrir. Motivasi siswa menghafal Al-Qur’an yang di temukan yaitu Rajin mengulang hafalan. selalu berupaya menghafal dengan baik, mau meningkatkan disiplin, minat yang kuat dari diri siswa, dan mau mengikuti perlombaan hafal Surat pendek pertandingan di tingkat desa. Cara mengatasi hafalan Al-Qur’an siswa yang dilakukan para Guru pembimbing menghafal Al- Qur’an adalah Perbaikan bacaan Al-Qur’an, Memberikan motivasi, Adanya reward dan punishment.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd. dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd. M.Ag. |
Keywords: | Program pelaksanaan menghafal al-Qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 08:33 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 08:33 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8773 |
Actions (login required)
View Item |