Nisa, Khairun (2023) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di SMK Negeri 1 Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya pemahaman membaca Al-Qur’an anak sesuai dengan kaidah ilmu tajwid sesuai dengan pengamatan peneliti. Banyaknya siswa hanya bisa membaca Al-Qur’an saja tapi tidak tahu bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan pelafan makhroj yang benar, hukum-hukum tajwid, panjang pendek, maupun tanda waqaf. Membaca Al-Qur’an bukan hanya sekedar membaca lepas. Banyak yang perlu diperhatikan. Selain ilmu tajwid dapat memperindah bacaan Al-Qur’an, ilmu tajwid juga menjaga dan memelihara agar terhindar dari salah bacaan dan makna Al-Qur’an itu sendiri. Rumusan masalah penelitian ini yaitu, apa upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SMK Negeri 1 Sibolga? Apa saja kendala yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SMK Negeri 1 Sibolga?. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SMK Negeri 1 Sibolga. dan untuk kendala yang dihadapi oleh guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SMK Negeri 1 Sibolga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan obserbvasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Sibolga. Sedangkan objek penelitian ini adalah Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam yaitu, selalu membaca surah pendek sebelum memulai pembelajaran, siswa membacakan ayat yang diminta oleh guru sesuai dengan materi pembelajaran yang dibawakan, menghafalkan ayat yang berkenaan dengan materi pelajaran yang di setorkan pada akhir semester, menambah jam pembelajaran tambahan 30 menit bagi siswa yang kurang lancar. Kendala yang dihadapi guru pendidikan agama Islam adalah minimnya jam pelajaran, kurangnya perhatian siswa dalam proses pembelajaran, kurangnya sikap sopan santun siswa, kurangnya minat siswa untuk mengikuti kelas tambahan, kurangnya guru pendidikan agama Islam, dan kurangnya pertisipasi orangtua dalam membimbing anak untuk menanamkan nilai agama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | H. Nurfin Sihotang, M.A., Ph.D. dan H. Ismail Baharuddin, M.A. |
Keywords: | Upaya guru; Kemampuan membaca al-Qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 08:17 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 08:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8771 |
Actions (login required)
View Item |