Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas VIII MTs PP Al-Washliyah Tanjung Haloban Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu

Annisa, Ade Rahma (2023) Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas VIII MTs PP Al-Washliyah Tanjung Haloban Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan masih jauh dari harapan-harapan yang ada di lapangan. Salah satu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan adalah siswa belum memahami pemecahan masalah sehingga rendahnya tingkat pembelajaran membuat siswa mengalami kesulitan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran dikelas belum menunjukkan peningkatan, disebabkan dalam pembelajaran siswa kurang didorong untuk aktivitas pada tingkatan yang lebih tinggi salah satunya berpikir kritis. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu apakah model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas VIII MTs PP Al-Washliyah Tanjung Haloban. Tujuan penelitiini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII MTs PP Al-Washliyah Tanjung Haloban melalui penerapan model Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus diadakan perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi, dan seterusnya sampai perbaikan meningkatkan yang diharapkan tercapai. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII MTs PP Al-Washliyah Tanjung Haloban. Instrumen penelitian ini adalah test dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan model Problem Based Learning adalah dapat meningkatkan berpikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Setiap pertemuan terlihat berpikir kritis siswa meningkat yang ditunjukkan dengan peningkatan prestasi belajar Hal ini dapat dilihat dari data hasil nilai rata-rata kelas siswa dari sebelum tindakan 62.87, pada siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 63.62 dan jumlah siswa yang tuntas 18 siswa, pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata siswa 69.25 dengan jumlah siswa yang tuntas 21, pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata 75.75 denganjumlah siswa yang tuntas 25 siswa dan pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata 82.37 dengan jumlah siswa yang tuntas 29 siswa. jumlah persentase siswa yang tuntas sebelum tindakan adalah 32.5%, pada siklus I pertemuan I bertambah menjadi 45%, kemudian pada siklus I pertemuan II 52.5%, pada siklus II pertemuan I 62.5% dan pada siklus II pertemuan II 72.50 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra. Asnah, M.A. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Model problem based learning; Kemampuan berpikir kritis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Jun 2023 07:56
Last Modified: 05 Jun 2023 07:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8768

Actions (login required)

View Item View Item