Utami, Sri Rezeki (2023) Strategi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an anak di Desa Sei Kamah II Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100118.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Strategi digunakan untuk memperoleh kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai tujuan. Banyak sekali anak-anak usia sekolah dasar yang masih kurang kualitasnya ketika membaca Al-Qur’an, baik dari segi makharijul huruf ataupun tajwidnya, dan banyak pula guru-guru yang belum mempunyai profesionalitas atau tersertifikasi ketika mengajarkan membaca Al-Qur’an, untuk itu haruslah ada usaha dari seorang guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Beberapa diantara guru mengaji banyak memiliki murid mengikuti kompetisi lomba MTQ. Hal inilah yang peneliti temukan di lapangan sehingga berkeinginan untuk mengetahui lebih lanjut tentang Strategi Guru Mengaji Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Di Desa Sei Kamah II Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah strategi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di Desa Sei kamah II Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan dan faktor-faktor yang mempengaruhi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di Desa Sei Kamah II Kecamatan Sei Dadap Kabupaten Asahan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. kemudian diolah dengan teknik analisis secara kualitatif yaitu klasifikasi data, reduksi data, deskripsi data dan penarikan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian yang diperoleh, strategi yang diterapkan guru mengaji adalah menggunakan strategi ekspositori dengan langkah-langkah yaitu mengenal tajwid dan makharijul huruf, guru mengaji memperhatikan dan memperbaiki bacaan, dan strategi mengulang dengan langkah-langkah yaitu memberikan motivasi dan dukungan kepada murid yang salah berkali-kali serta memberikan peraturan dan pendisplinan pada kegiatan membaca Al-Qur’an. Faktor pendukungnya adalah motivasi keluarga dan adanya kompetisi MTQ. Faktor penghambatnya adalah anak kesulitan memahami huruf-huruf hijaiyah, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya media pembelajaran, dan kurangnya minat anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. H. Suparni, S.Si., M.Pd. |
Keywords: | Strategi guru mengaji; Membaca al-Qur’an |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 02:47 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 02:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8765 |
Actions (login required)
View Item |