Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Tingkat pemahaman nilai-nilai moderasi beragama pada guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan Kota Padangsidimpuan

Rahma, Ulya (2023) Tingkat pemahaman nilai-nilai moderasi beragama pada guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100125.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Moderasi beragama menjadi bahasa yang akrab dan populer di telinga masyarakat indonesia belakangan ini. Tak terlepas dari digulirkannya program pemerintah tentang pentingnya gerakan pengarusutamaan moderasi beragama untuk memecagah dan meluruskan paham-paham keagamaan yang dipandang ekstrem, yakni berlebihan atau menyimpang. Moderasi beragama dalah sikap sedang atau pertengahan dalam memahami ajaran agama dan sikap tidak berlebihan dalam menyikapi perbedaan dan keragaman. Didalam dunia pendidikan Kementrian Agama RI menjadikan guru sebagai aktor untuk mengajarkan nilai-nilai moderasi beragama kepada siswanya. Tentu saja seorang guru harus memiliki pemahaman yang moderat dan memahami terkait moderasi beragama ini supaya bisa mengajarkannya di lembaga pendidikan. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) seberapa besar tingkat pemahaman nilai-nilai moderasi beragama pada guru di MAN 1 Padangsidimpuan. (2) faktor-faktor apa saja yang menentukan tingkat pemahaman nilai-nilai moderasi beragama pada guru di MAN 1 Padangsidimpuan. Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman nilai-nilai moderasi beragama serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan tingkat pemahaman nilai-nilai moderasi beragama pada guru di MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian mix methods, yaitu metode yang menggabungkan antara metode kuantitatif dengan metode kualitatif. Pengumpulan data melalui angket dan wawancara sehingga memperoleh data yang lebih komprehensif. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan hipotesis inferensial dengan uji t. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru di MAN 1 Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman nilai-nilai moderasi beragama pada guru di MAN 1 Padangsidimpuan secara keseluruhan termasuk dalam kategori sangat tinggi yakni 83%. Faktor-faktor yang menentukan tingkat pemahaman nilai-nilai moderasi beragama yaitu faktor pengalaman: kita bisa memperoleh pengetahuan moderasi beragama dari mengikuti seminar, faktor informasi: kita dapat memperolehnya melalui media sosial dan faktor lingkungan: kita dapat memperoleh pengetahuan moderasi beragama melalui lingkungan sosial yaitu lingkungan pertemanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Hamidah, M.Pd.
Keywords: Tingkat pemahaman; Nilai-nilai moderasi beragama
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:30
Last Modified: 05 Jun 2023 02:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8763

Actions (login required)

View Item View Item