Batubara, Sulastri (2023) Tingkat pemahaman nilai-nilai moderasi beragama pada guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mandailing Natal Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100136.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Sebagai negara yang plural dan multikultural, konflik berlatar agama sangat potensial terjadi sehingga diperlukannya moderasi beragama dalam memahami semua perbedaan yang ada. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya pemahaman guru terhadap nilai-nilai moderasa beragama, dimana tidak semua guru mengetahui dan memahami moderasi beragama tersebut, ada sebagian guru hanya mengetahui sekilas tentang moderasi beragama tapi kurang dalam memahami apa saja yang ada di dalam moderasi beragama tersebut, karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman, sehingga tidak setuju dengan adanya moderasi beragama tersebut dan masih ada dikalangan guru yang memiliki sikap intoleran seperti kurangnya rasa menghargai dan menghormati orang lain Rumusan masalah dalam penelitian adalah (1) Seberapa Besar Tingkat Pemahaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mandailing Natal Kabupaten Mandailing Natal. (2) Bagaimana Faktor-Faktor yang Menentukan Tingkat Pemahaman Nilai-Nilai Moderasi Beragama Pada Guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Mandailing Natal Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian mix methods (campuran) yaitu metode yang menggabungkan antara metode kuantitatif dengan metode kualitatif dengan model sequential dengan pendekatan sequential explanatory, yaitu analisis data kuantitatif dijadikan sebagai metode utama sedangkan analisis data kualitatif menjelaskan lebih dalam tentang data kuantitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan penskoran data dan uji t sedangkan teknik analisis kualitatif terdiri dari reduksi data, pengujian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman nilai-nilai moderasi beragama pada guru di madrasah Aliyah Negeri 1 Mandailing Natal Kabupaten Mandailing Natal masuk dalam kategori “sangat tinggi” dengan persentase 84%. Hal ini dibuktikan dari skor keseluruhan angket. Kemudian hasil uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel, hasil tersebut diperoleh berdasarkan dari hasil perbandingan thitung dengan ttabel yaitu 29,35 > - 1,663 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Data kuantitatif tersebut didukung dengan hasil wawancara yang menyatakan bahwa faktor yang menentukan tingkat pemahaman guru adalah faktor pengalaman, tingkat pendidikan, lingkungan dan informasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Magdalena, M.Ag. dan Hamidah, M.Pd. |
Keywords: | Tingkat pemahaman; Nilai-nilai moderasi beragama |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 02:13 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 02:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8760 |
Actions (login required)
View Item |