Siregar, Maulidia (2023) Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100166.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Menggunakan media dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan motivasi dan merangsang siswa untuk belajar. Karena memanfaatkan media pembelajaran merupakan salah satu upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Maka dalam hal ini penulis tertarik meneliti apakah motivasi belajar siswa meningkat pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 1 Sei Kanan dengan memanfaatkan media pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Sei Kanan dan apa faktor penghambat pemanfaatan media serta bagaimana solusi terhadap masalah yang menjadi penghambat pemanfaatan media? Kajian teori penelitian ini adalah Media Pembelajaran (Pengertian, jenis-jenis, fungsi, manfaat dan pemanfaatan,faktor penghambat, solusi mengatasi penghambat pemanfaatan media pembelajaran), Motivasi Belajar (Pengertian, macam-macam, dan fungsi motivasi belajar), dan Pendidikan Agama Islam (Pengertian, Sumber dan tujuan Pendidikan Agama Islam). Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian diolah dengan teknik analisis secara kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama islam di SMK Negeri 1 Sei Kanan sesuai dengan langkah yang dilakukan guru yaitu: Menggunakan media sesuai dengan tujuan pendidikan, persiapan guru, persiapan pelajaran, tata cara penyajian pelajaran, langkah kegiatan belajar siswa, langkah untuk melaksanakan evaluasi. Faktor penghambat pemanfaatan media pembelajaran yaitu: Keterbatasan guru Pendidikan Agama Islam pada memanfaatkan media in-fokus yang tidak bisa di gunakan selalu, dan penyediaan media in-fokus yang terbatas. Solusi atas masalah yang menjadi penghambat pemanfaatan media guru bisa memanfaatkan fasilitas yang di sediakan oleh pihak sekolah seperti laptop, Untuk mengatasi tidak ketersediaan perangkat atau media pembelajaran. Alternatif yang dapat dilakukan guru iyalah menggunakan media lain yang tidak membutuhkan in-fokus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Hj. Hamidah, M.Pd. |
Keywords: | Pemanfaatan; Media pembelajaran; Motivasi belajar; Pendidikan agama Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 31 May 2023 08:50 |
Last Modified: | 31 May 2023 08:50 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8756 |
Actions (login required)
View Item |