Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan religiusitas dengan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa Kelas X SMK Swasta Al-Washliyah Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara

Mahfud, Wanda Thoriq (2022) Hubungan religiusitas dengan motivasi belajar pendidikan agama Islam siswa Kelas X SMK Swasta Al-Washliyah Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100190.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya jam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mengakibatkan siswa memiliki pengetahuan yang tidak maksimal. Selain itu kondisi saat itu yang masih pandemi mempengaruhi proses pembelajaran yang tidak maksimal. Dengan beberapa permasalahan tersebut dapat menurunkan motivasi belajar. Religiusitas merupakan kematangan dalam memahami, menghayati serta mengaplikasikan nilai luhur agama yang dapat berpeluang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran religiusitas, gambaran motivasi belajar, serta hubungan religiusitas dengan motivasi belajar siswa kelas X SMK Swasta Al-Wasliyah Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional, dengan jumlah sampel 97 siswa. Instrumen penelitian ini adalah angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis korelasi Product Moment, serta koefisien determinasi. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk Religiusitas sebesar 82, 825, untuk Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam sebesar 77, 155, koefisien Korelasinya adalah sebesar +0,219, koefisien determinasinya sebesar 47,961% atau dibulatkan menjadi 48% sebagai konstribusi variabel Religiusitas dengan Motivasi Belajar. Hasil perhitungan koefisien korelasi product moment diketahui bahwa rhitung > rtabel ( 0,219> 0,1996) dengan taraf signifikansi 5%, maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Dari perhitungan tersebut terlihat jelas bahwa ada hubungan yang signifikan terjadi antara Religiusitas dan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMK Swasta Al-Washliyah Marbau Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd.
Keywords: Hubungan; Religiusitas; Motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 31 May 2023 07:35
Last Modified: 31 May 2023 07:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8751

Actions (login required)

View Item View Item