Nahriyah, Nahriyah (2022) Problematika penanaman nilai-nilai akhlak pada siswa SD Negeri 200411 Palopat Maria Kecamatan Hutaimbaru. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100192.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya problematika pada akhlak peserta didik sekolah dasar, yaitu melemahnya akhlak yang mengakibatkan mereka tidak hormat kepada guru, tidur di dalam kelas, berantam dengan teman, meninggalkan ibadah wajibnya, mencuri dan lain-lain. Maka dari itu perlu upaya guru Pendidikan Agama Islam merekonstruksi akhlak mazmumah ke mahmudah peserta didik sejak kecil. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana upaya guru PAI dalam Penanaman Nilai-nilai Akhlak pada Siswa SD, apa Problematika yang dihadapi Guru PAI serta bagaimana solusi guru PAI dalam Penanaman Nilai-nilai Akhlak pada Siswa SD tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam Penanaman Nilai-nilai Akhlak pada siswa, apa Problematika yang dihadapi Guru PAI serta Solusi guru PAI dalam Penanaman Nilai-nilai Akhlak. Teori yang digunakan peneliti meliputi pengertian akhlak, problematika dalam akhlak, solusi dalam mengatasinya mserta bagaimana karakteristik siswa sekolah dasar. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, deskripsi data, penarikan keseimpulan, teknik penjamin keabsahan data adalah perpanjangan ke ikut sertaaan, ketekunan pengamata, dan trianglasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru PAI untuk memecahkan Problematika Penanaman Nilai-nilai akhlak di SD Negeri 200411 Palopat Maria yaitu dengan metode nasehat, teknik pembiasaan akhlak yang baik secara kontiniu, pembinaan akhlak melalui keteladanan. Problematika guru PAI terdiri dari 2 aspek yaitu aspek dari peserta didik dan aspek dari liingkungan yang buruk. Sehingga solusi dari Problematika Penanaman Nilai-nilai Akhlak adalah guru harus mampu memberikan selalu motivasi agar berlomba-lomba dalam kebaikan, menghukum peserta diidik dalam rangka kedisiplinan serta menciptakan lingkungan yang menyenangkan untuk peserta didik belajar dalam pentransferan nilai-nilai akhlak mahmudah tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Zulhammi, M.Ag., M.Pd. dan Drs. Rosimah Lubis, M.Pd. |
Keywords: | Guru PAI; Pesera didik |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 31 May 2023 07:23 |
Last Modified: | 31 May 2023 07:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8750 |
Actions (login required)
View Item |