Syafitri, Hotni (2023) Upaya guru dalam mengembangkan motivasi belajar akidah akhlak siswa Kelas VII di MtsN 02 Pasaman Tarung-Tarung Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100227.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Adapun masalah pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalah upaya guru dalam mengembangkan motivasi belajar akidah akhlak siswa, Faktor penghambat guru dalam mengembangkan motivasi belajar yaitu kurangnya waktu yang digunakan dalam pembelajaran Akidah Akhlak, sehingga mengakibatkan guru tidak dapat melaksanakan pembelajaran dengan efekktif, dikarenakan alokasi waktu yang tersedia hanyalah 2 jam dalam satu minggu, keterbatasan media pembelajaran yang tidak memadai mengakibatkan rendahnya motivasi belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru dalam mengembangkan motivasi belajar akidah akhlak, faktor penghambat guru dalam mengembangkan motivasi belajar akidah akhlak siswa, dan faktor pendukung guru dalam mengembangkan motivasi belajar akidah akhlak siswa MTs N 02 Pasaman Tarung-tarung Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan mengintegrasikan objek sesuai dengan apa adanya. Adapun sumber data primer yaitu guru bidang studi Akidah Akhlak yang berjumlah 1 orang dan sumber data skunder yaitu 6 siswa yang ada di kelas VII. Penentuan jumlah siswa berdasarkan purposive sampling yaitu siswa yang memiliki minat belajar atau motivasi belajar yang tinggi di MTs N 02 Pasaman Tarung-tarung Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Hasil penelitian ini bahwa upaya guru dalam mengembangkan motivasi belajar akidah akhlak siswa MTs N 02 Pasaman Tarung-tarung Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman. Hal ini dilihat dari berbagai upaya yang dilakukan guru seperti meniatkan diri dengan penuh cinta dan keikhlasan, membangkitan minat siswa, menggunakan variasi metode yang menarik, memberikan penilaian, faktor penghambat seperti pengelolaan kelas, keterbatasan sumber materi, keterbatasan media pembelajaran, dan kelemahan menggunakan variasi metode ceramah dan Tanya jawab, dan faktor pendukung meliputi cita-cita atau aspirasi siswa, kemampuan siswa, kondisi siswa, dan kondisi lingkungan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag. dan Latifa Annum Dalimunthe, S.Ag., M.Pd.I. |
Keywords: | Upaya; Motivasi; Akidah akhlak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 May 2023 09:16 |
Last Modified: | 30 May 2023 09:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8744 |
Actions (login required)
View Item |