Siregar, Fitri Yanti (2023) Upaya guru aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa Kelas IX di MTs Al-Muttaqin Sosopan Kecamatan Sosopan Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820100231.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Adapun masalah pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan yang dilakukan oleh siswa. Oleh karena itu, penting untuk diteliti bagaimana upaya guru aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa kelas IX di MTs Al-Muttaqin Sosopan kecamatan Sosopan kabupaten Padang Lawas. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kondisi kenakalan siswa kelas IX di MTs Al-Muttaqin Sosopan, Bagaimana upaya guru aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa kelas IX di MTs Al-Muttaqin Sosopan dan apa saja kendala yang dihadapi guru aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa kelas IX di MTs Al-Muttaqin Sosopan kecamatan Sosopan kabupaten Padang lawas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi kenakalan siswa kelas IX di MTs Al-Muttaqin Sosopan dan upaya guru aqidah akhlak dalam menanggulangi kenakalan siswa kelas IX MTs Al-Muttaqin Sosopan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah guru aqidah akhlak, kepala sekolah, guru lainnya dan 10 orang siswa MTs Al-Muttaqin Sosopan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi kenakalan siswa dapat di klasifikasikan menjadi tiga bentuk, pertama, pelanggaran tata tertib madrasah seperti terlambat ke sekolah, membawa Hp ke sekolah, absen tanpa keterangan/ bolos, berpakaian tidak rapi, merokok, ribut dalam ruangan. Kedua, pelanggaran norma agama dan sosial, berpakaian ketat, tidak mengikuti sholat dzuhur berjamaah, berkuku panjang, ketiga pelanggaran hukum yaitu perkelahian antara siswa. Dalam menanggulangi kenakalan siswa kelas IX guru Aqidah akhlak melakukan beberapa upaya sebagai berikut: memberi mau’idzatul Hasanah, melakukan penguatan ibadah, pengaktifan ekstrakulikuler, punishment. Adapun kendala-kendala yang dikemukakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; faktor internal, kurangnya kesadaran diri siswa untuk mematuhi tata tertib, keterbatasan waktu dalam memberikan bimbingan pada siswa saat pembelajaran sekolah. Faktor ekternal siswa, faktor keluarga (kurangnya pengawasan orang tua terhadap pergaulan siswa di masyarakat), dan faktor lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Hj. Zulhammi, M.Ag., M.Pd. dan Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar., S.Psi., M.A. |
Keywords: | Upaya; Aqidah akhlak; Kenakalan siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 30 May 2023 09:07 |
Last Modified: | 30 May 2023 09:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8743 |
Actions (login required)
View Item |