Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi orangtua siswa SD Negeri 008 Ujung Batu terhadap proses pembelajaran daring di Lingkungan Desa Pematang Tebih Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu

Nasution, Amita Sari (2022) Persepsi orangtua siswa SD Negeri 008 Ujung Batu terhadap proses pembelajaran daring di Lingkungan Desa Pematang Tebih Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820100263.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pembelajaran yang biasa dilakukan di Indonesia adalah luring atau tatap muka, namun pada tanggal 24 maret 2020 menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia mengeluarkan Surat Edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat Penyebaran Covid-19. Surat Edaran tersebut menjelaskan bahwa proses belajar dilaksanakan di rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh. Sehingga banyak menimbulkan persepsi para orangtua tentang pembelajaran daring. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana persepsi orangtua siswa SD Negeri 008 Ujung Batu terhadap proses pembelajaran daring di lingkungan Desa Pematang Tebih Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi orangtua siswa SD Negeri 008 Ujung Batu terhadap proses pembelajaran daring di lingkungan Desa Pematang Tebih Kecamatan Ujung Batu Kabupaten Rokan Hulu. Metodologi dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif, tekhnik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, dan tekhnik menjamin keabsahan data yaitu dengan menggunakan triangulasi waktu. Triangulasi waktu yaitu menguji derajat kepercayaan dengan mengecek sumber yang sama tetapi waktu yang berbeda. Karena perilaku manusia berubah-ubah, oleh sebab itu peneliti harus melakukan pengamatan yang berulang-ulang untuk mendapatkan sumber yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi orangtua siswa memiliki persepsi yang sama mengenai pembelajaran daring yaitu proses pembelajaran yang dilaksanakan di rumah membuat orangtua kesusahan karena orangtua harus ikut serta dalam pembelajaran daring seperti membimbing, mengawasi dan mengantarkan tugas anak ke sekolah. Adapun persepsi orangtua dalam pembelajaran daring meliputi: penyerapan informasi orangtua terhadap pembelajaran daring masih kurang, begitu juga dengan pemahaman, tidak semua orangtua dapat memahami materi pelajaran yang diberikan guru kepada siswa, sedangkan penilaian, orangtua menilai bahwa pembelajaran daring ini membuat anak tidak fokus untuk belajar. Motivasi anak-anak untuk mengikut proses pembelajaran juga berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. H. Samsuddin, M.Ag. dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd.
Keywords: Persepsi orangtua; Pembelajaran daring
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 May 2023 08:45
Last Modified: 30 May 2023 08:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8741

Actions (login required)

View Item View Item