Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi pecahan melalui penerapan media kertas lipat untuk siswa Kelas IV di SD Negeri 200214 Padangsidimpuan

Putri, Rizky Yolanda (2022) Upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika pada materi pecahan melalui penerapan media kertas lipat untuk siswa Kelas IV di SD Negeri 200214 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa, kesederhanaan guru dalam penggunaan media pembelajaran, pembelajaran yang masih berpusat pada guru yang menjadikan siswa cepat bosan dan pasif pada saat belajar. Dengan itu guru memilih media pembelajaran yang tepat sehingga peningkatan pemahaman konsep matematika siswa tercapai dengan semaksimal mungkin. Adapun media pembelajaran yang digunakan guru untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan media pembelajaran kertas lipat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan media kertas lipat dapat meningkatkan pemahaman konsep matetmatika siswa pada materi pecahan di kelas IV SD N 200214 Padangsidimpuan?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan pemahaman konsep Matematika melalui penerepan media kertas lipat. Penelitian ini dilakukan di SD 200214 Padangsidimpuan, Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Hasil penelitian mengungkapkan peningkatan rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa dari 67,3 pada siklus I menjadi 85 pada siklus II. Secara persentase pemahaman konsep matematika dari siklus I ke siklus II juga dapat diindikasikan dari aktivitas siswa selama proses pembelajaran, Adapun peningkatan pemahaman konsep siswa pada tes awal adalah 26%, siklus I pertemuan ke 1 adalah 42%, pada siklus I pertemuan ke 2 adalah 58%, siklus II pertemuan ke 1 adalah 77% dan siklus II pertemuan ke 2 adalah 88%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan media kertas lipat meningkatkan pemahaman konsep Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Lili Nur Indah Sari, S.Pd.I., M.Pd.
Keywords: Penerapan media kertas lipat; Pemahaman konsep matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 30 May 2023 03:32
Last Modified: 30 May 2023 03:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8730

Actions (login required)

View Item View Item