Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat melalui penggunaan media papan garis bilangan pada siswa Kelas IV SD N 115470 Aek Nabara Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara

Siagian, Delisma Sari (2023) Upaya meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat melalui penggunaan media papan garis bilangan pada siswa Kelas IV SD N 115470 Aek Nabara Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan siswa pada saat proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah matematika, dan tentunya berdampak pada hasil belajar siswa, khususnya pada materi segitiga. Berdasarkan fakta tersebut peneliti tertarik untuk menerapkan metode pembelajaran problem posing. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga dengan menggunakan metode problem posing pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Melalui penerapan metode pembelajaran problem posing diharapkan kegiatan pembelajaran lebih aktif dan bermakna bagi siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segitiga. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus diisi dengan 2 pertemuan dan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Portibi yang berjumlah 16 siswa. Alat pengumpul data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan penerapan metode problem posing di SMP Negeri 2 Portibi, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan adanya peningkatan di setiap siklus. Pada siklus I pertemuan 1 terdapat peningkatan yaitu dari nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 50,31 menjadi 60, kemudian pada pertemuan 2 juga mengalami peningkatan nilai rata-rata yaitu dari 60 menjadi 66,56. Pada siklus II pertemuan 1 tetap mengalami peningkatan dari nilai rata-rata yaitu 66,56 menjadi 69,68 dan pada pertemuan 2 ini nilai rata-rata semakin meningkat dari 69,68 menjadi 75,93 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 81,25%. Jadi, dapat dilihat ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran problem posing khususnya pada materi segitiga kelas VII SMP Negeri 2 Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran problem posing; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 May 2023 09:24
Last Modified: 29 May 2023 09:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8729

Actions (login required)

View Item View Item