Masdarlia, Masdarlia (2022) Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Kelas VIII MTs Negeri 3 Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200023.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan pembelajaran konvensionalyang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran sedangkan murid sebagai pendengar yang pasif. Sehingga siswa kesulitan dalam memecahkan masalah matematika terutama soal matematika berbentuk cerita. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam pengejaran matematika yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran MMP terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikelas VIII Mts Negeri 3 Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MMP terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikelas VIII Mts Negeri 3 Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan model pretest postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah 102 siswa. Sampel pada penelitian ini kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Intrumen pengumpulan data yabg digunakan adalah tes essay, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dan uji-t. Berdasarkan analisis data, soal postest yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa diperoleh nilai rata-rata kelas ekperimen 74,0 dan kelas kontrol 65,8. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung>t_tabel (2,941 > 2,069) dengan taraf signifikan 5% maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh model MMP terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Ujung Gurap Kota Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si. |
Keywords: | Missouri Mathematics Project (MMP); Kemampuan pemecahan masalah matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 29 May 2023 09:06 |
Last Modified: | 29 May 2023 09:06 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8727 |
Actions (login required)
View Item |