Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh strategi pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VII di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Goti Padangsidimpuan

Harahap, Padillah Riski (2022) Pengaruh strategi pembelajaran team quiz terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VII di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Goti Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa, kurangnya guru menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi, pembelajaran yang masih berpusat pada guru yang menjadikan siswa cepat bosan dan pasif pada saat belajar. Dengan itu guru memilih strategi pembelajaran yang tepat sehingga tercapai hasil yang semaksimal mungkin. Salah satu yang digunakan guru untuk memaksimalkan hasil pembelajaran siswa dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran team quiz. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H.Abdul Manap Siregar Goti Padangsidimpuan?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh signifikan strategi pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H. Abdul Manap Siregar Goti Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan model pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Pondok Pesantren Darul Ikhlas H.Abdul Manap Siregar Goti Padangsidimpuan yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah 87 siswa. Sampel pada penelitian ini kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan analisis data, soal postest yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa diperoleh nilai rata-rata kelas ekperimen 80,76 dan kelas kontrol 71,43. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung>t_tabel (4,173> 2,018 ) dengan taraf signifikan 5% maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh strategi pembelajaran Team Quiz terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di Pondok Pesantren Darul Ikhlas H.Abdul Manap Siregar Goti Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Dra. Asnah M.A.
Keywords: Strategi pembelajaran team quiz; Hasil belajar; Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 May 2023 08:53
Last Modified: 29 May 2023 08:53
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8726

Actions (login required)

View Item View Item