Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran outdoor mathematic method untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peluang di Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Padang Bolak

Siregar, Nurainun (2023) Penerapan model pembelajaran outdoor mathematic method untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi peluang di Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Padang Bolak. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa tentang materi peluang matematika di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Dalam proses pembelajaran guru menggunakan model Outdoor Mathematic Method dengan menggunakan bantuan alat peraga pembelajaran seperti uang koin yang bisa dipakai dalam materi peluang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Outdoor Mathematic Methoddapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang peluang di kelas VIII-A SMP Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan yang memiliki empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini yang menjadi subjeknya yaitu siswa kelas VIII-A yang berjumlah 22 orang yang terdiridari 12 orang laki-laki dan 10 orang perempuan, penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2022 di sekolah SMP Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dengan model pembelajaran Outdoor Mathematic Method hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Padang Bolak mengalami peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari peingkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Terbukti dengan nilai rata-rata siswa pada pra siklus sebesar 61,59%, pada siklus I pertemuan I rata-rata hasil belajar siswa menjadi 65,90%, mengalami peningkatan sebesar (4,31%), pada pertemuan ke II rata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 73,40%, mengalami peningkatan sebesar (7,5%), pada siklus II pertemuan I rata-rata nilai hasil belajar siswa menjadi 76,36% , terdapat peningkata sebesar (2,96%), pada siklus II pertemuan II rata-rata nilai hasil belajar siswa ialah 80,90%, terdapat peningkatan sebesar (4,54%). Dapat dilihat rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I mengalami kenaikan pada siklus II yaitu sebesar (7,5%), sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator kinerja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Rahma Hayati Siregar, S.Pd. M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran outdoor mathematic method; Hasil belajar siswa; Peluang
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 May 2023 08:45
Last Modified: 29 May 2023 08:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8725

Actions (login required)

View Item View Item