Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas model pembelajaran Number Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa di Kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan

Siregar, Intan Khairani (2022) Efektivitas model pembelajaran Number Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa di Kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran sedangkan murid sebagai pendengar yang pasif. Sehingga siswa kesulitan dalam belajar yang menyebabkan hasil belajar matematika siswa rendah. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam pengejaran matematika yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Number Heads Together (NHT). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah efektif penggunaan model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar matematika siswa dikelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar matematika siswa dikelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan model pretest postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan yang terdiri dari sembilan kelas dengan jumlah 220 siswa. Sampel pada penelitian ini kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes essay, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan dan uji-t. Berdasarkan analisis data, soal postest yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan siswa diperoleh nilai rata-rata kelas ekperimen 74,24 dan kelas kontrol 67,72. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung>t_tabel(2,336 >2,069) dengan taraf signifikan 5% maka Ha diterima artinya penggunaan model NHT hasil belajar matematika siswa dikelas VIII SMP Negeri 3 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Dr. Lelya Hilda, M.Si.
Keywords: Efektivitas; Number Heads Together (NHT); Hasil belajar matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 May 2023 08:30
Last Modified: 29 May 2023 08:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8724

Actions (login required)

View Item View Item