Siregar, Evi (2022) Upaya meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran elaborasi pada materi operasi hitung bilangan bulat di Kelas VII Ponpes Al Mukhtariyah Sungai Dua. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan koneksi matematika siswa yang masih rendah di kelas VII Ponpes Al Mukhtariyah Sungai Dua. Rumusan masalahnya adalah “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Elaborasi dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat di kelas VII Ponpes Al Mukhtariyah Sungai Dua”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu dilaksanakan pada 9 April sampai 30 Mei 2022 di kelas VII Ponpes Al Mukhtariyah Sungai Dua. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes kemampuan koneksi matematika. Indikator untuk kemampuan koneksi matematika tersebut adalah sebagai berikut: (1) Kemampuan koneksi antar konsep matematika; (2) Kemampuan koneksi matematika dengan bidang studi lain; (3) Menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran elaborasi di kelas VII Ponpes Al Mukhtariyah Sungai Dua mengoneksikan matematika dengan menerapkan operasi hitung bilangan bulat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa kelas VII Ponpes Al Mukhtariyah Sungai Dua setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran elaborasi. Sebelum pemberian tindakan, untuk indikator I, banyak siswa yang mempunyai skor kemampuan koneksi matematika dalam kategori sangat kurang, kurang, baik, dan sangat baik. Pada siklus I Pertemuan ke-1 diperoleh nilai rata-rata 65,2, banyak siswa yang tuntas 9 siswa (37%) dan banyak siswa yang tidak tuntas 15 siswa (62%). Siklus I Pertemuan ke-2 nilai rata-rata 69,1, banyak siswa yang tuntas 14 siswa (58%) dan yang tidak tuntas (41%). Siklus II Pertemuan ke-1 dengan nilai rata-rata 77,5, banyak siswa yang tuntas 75% dan yang tidak tuntas 25%. Siklus II Pertemuan ke-2 dengan nilai rata-rata 84,3, banyak siswa yang tuntas 90% dan yang tidak tuntas 10%. Berdasarkan peningkatan tersebut terdapat pengaruh model pembelajaran elaborasi terhadap kemampuan koneksi matematika siswa di kelas VII ponpes al mukhtariyah sungai dua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Dr. Almira Amir, S.T., M.Si. |
Keywords: | Model pembelajaran elaborasi; Kemampuan; Koneksi matematika; Operasi hitung bilangan bulat |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 29 May 2023 08:03 |
Last Modified: | 29 May 2023 08:03 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8722 |
Actions (login required)
View Item |