Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbandingan prestasi belajar matematika siswa laki-laki dengan siswa perempuan di Kelas XI SMK Negeri 2 Panyabungan

Marwiyah, Marwiyah (2022) Perbandingan prestasi belajar matematika siswa laki-laki dengan siswa perempuan di Kelas XI SMK Negeri 2 Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang sering muncul pada rendahnya prestasi akademik siswa terutama pada pada pembelajaran matematika yang diawali dengan anggapan matematika itu sulit. Prestasi akademik adalah indicator terpenting dalam menentukan kesuksesan seseorang, akan tetapi masih banyak siswa yang berprestasi kurang baik terutama pada mata pelajaran matematika. Presatsi belajar adalah hasil dari suatu proses dimana banyak faktor yang saling berinteraksi dan tingkat maksimum dan minimum kinerja sisiwa tergantung pada beberapa faktor, salah satu factor yang mempengaruhi hasil belajar adalah perbedaan jenis kelamin dan banyak beberapa penelitian yang berbeda pendapat mengenai perbandingan prestasi belajar matematika laki-laki dengan perempuan. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui lagi apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika anatara siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar matematika siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Penelitian ini membahas mengenai perbandingan prestasi belajar matematika antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan dikelas XI SMK Negeri 2 Panyabungan. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI, yang terdiri dari beberapa jurusan, yaitu Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Sepeda Motor (TSM), Teknik Audio Vidio (TAV) dan Teknik Kerajinan Kayu (TKK), dimana jumlah populasi penelitian 268, terdiri dari 120 siswa laki-laki dan 148 siswa perempuan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik propotional stratified random sampling, terdiri 24 orang siswa laki-laki dan 29 orang siswa perempuan tapi karena ini penelitian perbandingan jadi peneliti menyamakan jumlah sampel antara siswa laki-laki dengan mengurangi jumlah siswa perempuan yaitu 1 orang disetiap kelas sehingga jumlah nya sama yaitu 24 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Pengumpulan data yang digunakan adalah test tertulis subjektif yaitu test yang berupa soal uraian atau essay sebanyak 5 soal sesuai dengan aspek kognitif,yaitu mengingat (C1), memahami (C2), menerapkan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil test nilai matematika tergolong dalam kategori cukup dengan rata-rata 59,37 untuk siswa laki-laki dan 61,45 untuk siswa perempuan, dalam hal ini berarti prestasi belajar matematika siswa laki-laki dengan siswa perempuan sama. Hasil uji hipotesis didapat thitung sebesar -0,60 dan ttabel sebesar 2,01290, karena thitung < ttabel maka Ha ditolak dan H0 diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika siswa laki-laki dengan siswa perempuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti S.Si., M.Pd. dan Dra. Asnah, M.A.
Keywords: Prestasi belajar matematika siswa; Gender
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 29 May 2023 07:42
Last Modified: 29 May 2023 07:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8721

Actions (login required)

View Item View Item