Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran matematika ditinjau dari kepribadian ekstrovert dan introvert siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal

Hannum, Muniro (2022) Analisis kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran matematika ditinjau dari kepribadian ekstrovert dan introvert siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh nilai kemampuan kognitif siswa yang bervariasi yang diukur dengan tes hasil belajar. Variasi nilai tadi mendeskripsikan kemampuan kognitif tiap-tiap individu. Kemampuan kognitif matematika merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik untuk mencapai keberhasilan belajar. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar merupakan ciri peserta didik. Salah satu karakteristik siswa yang mempengaruhi hasil belajar adalah kepribadian. Kepribadian dalam individu dapat dibagi antara dua sisi yaitu ekstrovert dan introvert. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan kognitif matematika siswa yang berkepribadian ekstrovert pada materi kubus di kelas VIII SMP N 2 Kotanopan, bagaimana kemampuan kognitif matematika siswa yang berkepribadian introvert pada materi kubus di kelas VIII SMP N 2 Kotanopan, serta Apakah terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa yang berkepribadian esktrovert dan introvert pada materi kubus di kelas VIII SMP N 2 Kotanopan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan kognitif matematika siswa yang berkepribadian ekstrovert pada materi kubus di kelas VIII SMP N 2 Kotanopan, untuk mengetahui kemampuan kognitif matematika siswa yang berkepribadian introvert pada materi kubus di kelas VIII SMP N 2 Kotanopan, serta untuk mengetahui perbedaan kemampuan kognitif siswa yang berkepribadian esktrovert dan introvert pada materi kubus di kelas VIII SMP N 2 Kotanopan. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods (penelitian kombinasi) dengan menggunakan teknik pengambilan sampelnya adalah purvosive sampling. Prosedur pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket kepribadian, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa berdasarkan data hasil analisis kemampuan kognitif matematika ditinjau dari kepribadian ekstrovert mampu memenuhi 3 aspek yaitu aspek pengetahuan, aspek pemahaman dan penerapan. Sedangkan kemampuan kognitif matematika ditinjau dari kepribadian introvert mampu memenuhi 4 aspek yaitu aspek pengetahuan, pemahaman, penerapan dan analisis. Sedangkan berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan terhadap data hasil angket dan hasil tes kemampuan kognitif siswa diproleh untuk masing-masing kelompok siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert dan introvert memproleh skor rata-rata 72,1 dan 88,5.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Dr. Almira Amir, S.T., M.Si.
Keywords: Kemampuan kognitif; Tipe kepribadian ekstrovert-introvert
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 May 2023 09:11
Last Modified: 22 May 2023 09:11
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8720

Actions (login required)

View Item View Item