Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika pada materi statistik Kelas X SMA Negeri 1 Sosa melalui penerapan model pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment and satisfaction)

Lastri, Lastri (2022) Peningkatan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika pada materi statistik Kelas X SMA Negeri 1 Sosa melalui penerapan model pembelajaran ARIAS (assurance, relevance, interest, assessment and satisfaction). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari wawancara dengan salah satu guru bidang studi matematika SMA Negeri 1 Sosa yang mengatakan bahwa aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa disekolah itu rendah, salah satu peyebabnya adalah model pembelajaran yang biasa dilakukan oleh guru kurang bervariasi sehingga pembelajaran kurang menarik perhatian siswa yang berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika menjadi titik maksimal. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment And Satisfaction) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan pemahaman konsep matematika siswa materi statistik kelas X IPA-1 SMA Negeri 1 Sosa. Jenis penelitian yang digunkan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara berdaur atau siklus. Dalam penelitian ini dilakukan dengan dua kali siklus, setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Instrumen yang dilakukan adalah tes dan observasi sebjek penelitian matematika siswa materi statistik kelas X SMA Negeri 1 Sosa yang berjum;ah 30 siswa, 8 laki-laki dan 22 perempuan. Setelah penelitian ini dilakukan diperoleh persentase aktivitas belajar siswa yang meningkat berdasarkan hasil observasi peneliti siklus I pertemuan ke-1 (33,33%), siklus I pertemuan ke-2 (44,44%), siklus II pertemuan ke-1 (649,03%) dan siklus II pertemuan ke-2 (77,77%) dan persentase pemahaman konsep matematika siswa siklus I pertemuan ke-1 (24,75%), siklus I pertemuan ke-2 (35,71%) dan siklus II pertemuan ke-1 (49,99%) dan siklus II pertemuan ke-2 (73,33%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran ARIAS; Aktivitas belajar; Pemahaman konsep; Statistik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 May 2023 08:54
Last Modified: 22 May 2023 08:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8717

Actions (login required)

View Item View Item