Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok di Kelas VIII MTs. Negeri 4 Mandailing Natal

Liyanida, Sangkot (2022) Pengaruh model contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok di Kelas VIII MTs. Negeri 4 Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200067.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kesulitan siswa di dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan oleh guru pada pokok bahasan kubus dan balok, terutama dalam menentukan dan membedakan antara bidang diagonal dan diagonal bidang siswa masih sering terbalik. Hal ini dikarenakan kurang pahamnya siswa dalam menentukan model matematika dari soal yang diberikan oleh guru dan proses pembelajaran yang dilakukan masih berpusat pada guru, sehingga menjadikan siswa kurang aktif dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk membangun sendiri pengetahuan dan kemampuan yang dimilikinya, sehingga menjadikan kemampuan kognitif siswa rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs. Negeri 4 Mandailing Natal. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Negeri 4 Mandailing Natal yang berjumlah 250 siswa, dengan jumlah sampel 30 siswa di kelas eksperimen dan 30 siswa di kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes. Tes terdiri dari dua macam yaitu, tes sebelum diberikannya perlakuan (pre-test) dan tes sesudah diberikannya perlakuan (post-test). Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan perbedaan rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu pada kelas eksperimen sebesar 70,17 dan pada kelas kontrol sebesar 67,50. Ada pengaruh yang signifikan antara model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi kubus dan balok di kelas VIII MTs. Negeri 4 Mandailing Natal. Hasilnya diperoleh dari nilai signifikan 0,05 yaitu thiutng > ttabel sehingga (2,673 >1,671). Maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Contextual teaching and learning (CTL); Kemampuan kognitif; Kubus dan balok
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 May 2023 08:45
Last Modified: 22 May 2023 08:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8716

Actions (login required)

View Item View Item