Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model collaborative learning dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sihapas Barumun

Harahap, Lusi Darmawita (2023) Pengaruh model collaborative learning dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sihapas Barumun. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mempunyai peranan penting dalam pembelajaran matematika dan merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa. Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah siswa mampu memecahkan masalah. Kemampuan Pemecahan masalah dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya adalah pengaplikasian model pembelajaran yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model collaborative learning terhadap hasil belajar matematika siswa, untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa, dan mengetahui apakah terdapat pengaruh model collaborative learning dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sihapas Barumun. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ekperimen dengan jenis desain one-shot case study. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sihapas Barumun sebanyak 49 siswa dan sampel sebanyak 25 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif, korelasi antar faktor, regresi linear sederhana, dan regresi linier berganda, dan dilanjutkan dengan uji signifikan antar faktor yang menggunakan rumus t dan dilanjutkan uji signifikan secara bersamaan dengan menggunakan rumus F untuk melihat sejauh mana pengaruh antar masing-masing variabel tersebut. Berdasarkan perhitungan diketahui secara bersamaan ketiga variabel diperoleh korelasi sebesar 0,781 kemudian F_hitungsebesar 17,161 dan F_tabel3,443 ternyata F_hitung> F_tabel maka hipotesis diterima / disetujui, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model collaborative learning dan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sihapas Barumun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd.
Keywords: Model collaborative learning; Kemampuan pemecahan masalah; Hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 May 2023 08:39
Last Modified: 22 May 2023 08:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8715

Actions (login required)

View Item View Item