Siregar, Dian Lestari (2023) Pengaruh kemandirian belajar terhadap mathematical resilience siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Timur. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200070.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
Abstract
Dilihat dari kondisi pelajar sekarang, dapat dilihat berbagai karakteristik pelajar yang sangat bermacam-macam. Banyak permasalahan yang dialami siswa selama pembelajaran matematika, tetapi beberapa siswa dapat menyesuaikan diri dengan kesulitan dan mencapai prestasi dan kesuksesan akademik yang tinggi, karena siswa tersebut memiliki resilience. Salah satu faktor dari dalam yang diduga mempengaruhi resilience adalah kemandirian siswa. Pada penelitian ini akan di bahas Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandiran belajar siswa terhadap Mathematical Reselience siswa kelas VIII SMP N.1 Angkola Timur?, maka tujuan yang ingin dicapai adalah Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap mathematical resilience siswa kelas VIII SMP N.1 Angkola Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII SMP N.1 Angkola Timur. Sampel penelitian ini adalah 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan teknik angket yang berupa angket mathematical resilience dan kemandirian belajar. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 25 yang terdiri dari uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis. Pengujian asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, Uji Reabilitas, Uji Regresi dan uji homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh analisis persamaan regresi dapat dilihat berdasarkan analisis uji-t. thitung sebesar 10,937, sedangkan didapat nilai ttabel sebesar 2,095. Berarti thitung lebih besar dari ttabel (10,937 > 2,095) ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau terdapat pengaruh langsung yang signifikan antara Kemandirian Belajar terhadap Mathematical Resilience Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Angkola Timur, Besar sumbangan kemandirian belajar terhadap mathematical resilience siswa sebesar 82,7% dan sisanya sebesar 17,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Setiap kenaikan satu unit kemandirian belajar akan meningkatkan mathematical resilience sebesar 1.180 unit secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Mathematical resilience; Kemandirian belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 22 May 2023 08:35 |
Last Modified: | 22 May 2023 08:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8714 |
Actions (login required)
View Item |