Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran missiouri mathematics project (MMP) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi lingkaran Kelas VIII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan

Mangaraja, Andi (2022) Pengaruh model pembelajaran missiouri mathematics project (MMP) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi lingkaran Kelas VIII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820200075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini, yaitu peningkatan kualitas pendidikan pada sekolah bisa ditempuh melalui aneka macam cara, diantaranya peningkatan bekal awal peserta didik baru, peningkatan kompetensi guru, peningkatan isi kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, evaluasi hasil belajar peserta didik, penyedian materi ajar yang memadai, dan penyedian sarana belajar. Kurangnya peranan guru dalam mendukung peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa. Pembelajaran matematika yang masih cenderung berpusat pada guru. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi lingkaran kelas VIII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen, Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah True Experimental Design dalam bentuk Posttest only Control. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Padangsidimpuan yang terdiri dari 8 kelas yang menjadi sampel dari penelitian ini, yaitu kelas VIII1 adalah kelas kontrol, dan VIII2 adalah kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen diajarkan materi lingkaran dengan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan di kelas kontrol secara pembelajaran yang biasa dipakai guru. Adapun bentuk instrumen yang dipakai adalah bentuk tes. Berdasarkan hasil riset disimpulkan rata-rata hasil post-test kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen pada materi lingkaran menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) adalah 84,63, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran biasa adalah 76 dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Nilai thitung > ttabel, yaitu (4,353 > 2,00172) dan nilai sig. (2-tailed) <0,05 atau (0,000<0,05) sesuai uji Independent Samples T-test maka H0 ditolak dan Ha yang diterima. Kepada peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi atau acuan dalam melakukan penelitian, tetapi dalam hal hard skills matematika lain-nya, sebagaimana dirujuk oleh para ahli dan memperbaiki kekurangan yang ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si. dan Dr. Mariam Nasution, M.Pd.
Keywords: Missouri mathematics project; Kemampuan penalaran matematis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 22 May 2023 08:31
Last Modified: 22 May 2023 08:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8713

Actions (login required)

View Item View Item