Pane, Sulistia (2023) Pengaruh penerapan strategi card sort terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi pokok peluang di Kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Barat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200078.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif siswa, siswa kurang berminat dalam belajar matematika dikarenakan guru kurang mampu melakukan dan memilih strategi belajar dengan baik yang sesuai dengan materi pembelajaran. Guru harus menciptakan pembelajaran aktif dan menyenangkan dengan menggunakan strategi pembelajaran yang bervariasi salah satunya adalah strategi card sort. Strategi card sort ini melatih kemampuan kognitif siswa dalam diskusi dengan belajar kelompok dan semua siswa berperan aktif serta membuat siswa semangat dan fokus dalam belajar. Dengan menggunakan strategi card sort ini diharapkan dapat mempengaruhi kemampuan kognitif siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh signifikan dari penerapan strategi card sort terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi pokok peluang di kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Barat? Serta penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari penerapan strategi card sort terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi pokok peluang di kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen jenis desain randomized control group pre test post test design. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Barat yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah 146 siswa. Untuk sampel diambil dari kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Sedangkan pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan analisis data, soal posttest yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan kognitif siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 77,67 dan kelas kontrol 67,24. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung > t_tabel yaitu 2,458 > 2,002 dengan taraf signifikan 5% maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan dari strategi card sort terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi pokok peluang di kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Barat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Strategi card sort; Kemampuan kognitif; Peluang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 May 2023 09:18 |
Last Modified: | 19 May 2023 09:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8711 |
Actions (login required)
View Item |