Ritonga, Nilmasari (2022) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820200080.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini karena masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menjawab soal matematika berbasis HOTS terutama siswa kelas XI SMA negeri 1 Saipar Dolok Hole. Kesalahan dalam menyelesaikan soal HOTS sebagian besar adalah karena mereka kurang memahami konsep yang terkait. Hal ini bergantung pada tingkat kecerdasan, kemampuan berpikir, dan pengetahuan dasar matematika yang dimiliki siswa. Selain itu, tingkat pengalaman sebelumnya, kebiasaan, dan motivasi yang dimiliki untuk belajar juga berbeda beda. Rumusan masalah penelitian ini adalah apa saja kesalahaan dan faktor kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasi HOTS .Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan faktor kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole dalam menyelesaikan soal matematika berbasis HOTS. Teknik analisis data dalam peneletian ini adalah reduksi data dan menyajikan data sesudah mereduksi data. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metodologi penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis soal matematika berbasis HOTS dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole dalam menyelesaikan soal matematika berbasis HOTS berdasarkan kriteria Hadar yaitu: Kesalahan menggunakan data, Kesalahan menginterpretasi bahasa, Kesalahan menggunakan logika untuk menarik kesimpulan, Kesalahan menggunakan definisi atau teorema dan penyelesaian tidak diperikasa kembali. Faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis HOTS diantaranya faktor internal yaitu faktor yang berasal dari diri siswa tersebut seperti minat belajar matematika rendah, serta tidak ada kemauan untuk belajar. Sementara faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar siswa diantaranya faktor lingkungan, pergaulan dan motivasi dari orang lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Suparni, S.Si., M.Pd. dan Nur Fauziah Siregar, M.Pd. |
Keywords: | Kesalahan dalam menyelesaikan soal; Matematika; Higher order thinking skills |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 19 May 2023 09:09 |
Last Modified: | 19 May 2023 09:09 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8710 |
Actions (login required)
View Item |