Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa melalui model project based learning dalam pembelajaran tematik di Kelas V SD Negeri 200222 Padang Sidempuan

Nasution, Ade Wilda Sari (2022) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model project based learning dalam pembelajaran tematik di Kelas V SD Negeri 200222 Padang Sidempuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SD Negeri 200222 Padang Sidempuan. Hal ini dilihat dari hasil rata-rata nilai ulangan siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh minimnya ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran karena gaya belajar yang cenderung monoton. Kurangnya variasi dalam pembelajaran dan juga minimnya sarana berupa alat bantu pembelajaran juga berdampak kepada hasil belajar siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran dalam memingkatkan hasil belajar belajar siswa melalui model Project Based Learning pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 200222 Padang Sidempuan, dan apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa melalui model Project Based Learning pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 200222 Padang Sidempuan. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui model Project Based Learning pada pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 200222 Padang Sidempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berkolaborasi dengan guru kelas V SD Negeri 200222 Padang Sidempuan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 200222 Padang Sidempuan tepatnya di kelas V-B dengan jumlah siswa 23 orang. Adapun instrumen pengumpulan data berupa soal tes dan lembar observasi. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Hasil penelitian dengan menerapkan model Project Based Leaning dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 200222 Padang Sidempuan. Hal ini dilihat dari hasil belajar siswa mulai dari pra siklus dengan nilai rata-rata 55,4 dan persentase ketuntasan 30,4%. Kemudian pada siklus I pertemuan 1 diperoleh nilai rata-rata kelas 65,87 dengan persentase ketuntasan 47,83%. Pada siklus I pertemuan 2 nilai rata-rata kelas adalah 72 dan persentase ketuntasan 56,52%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 77,6 dengan persentase ketuntasan 69,6%. Dan pada siklus II pertemuan 2, nilai rata-rata siswa mencapai 87,17 dengan persentase ketuntasan 87%. Dengan demikian, penelitian ini dihentikan pada siklus II karena telah mencapai indikator keberhasilan yang telah peneliti targetkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd. dan Syafrilianto, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar; Model project based learning; Pembelajaran tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 05 May 2023 08:43
Last Modified: 05 May 2023 08:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8685

Actions (login required)

View Item View Item