Batubara, Riyadoh (2022) Kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf teks bacaan Kelas V SDN 105 Adianjior Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Adapun latar belakang masalah sehingga mampu peneliti merumuskan judul Kesulitan Siswa dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf Teks Bacaan Kelas V SD Negeri 105 Adianjior Kecamatan Panyabunga Kabupaten Mandailing Natal, bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari suatu proses pembelajaran adalah penguasan pemahaman terkait materi yang diajarkan guru dalam proses pembelajaran terutama pada pembelajaran bahasa Indonesia pada materi mennetukan ide pokok paragraf. Sehubungan dengan hal tersebut seorang guru harus mengetahui kesulitan siswa, faktor penyebab terhambatnya suatu proses pembelajaran dalam memahami setiap materi yang pelajari seta mencari data berupa informasi tentang kesulitan belajar, serta guru dapat memberikan upaya dalam mengatasi masalah tersebut sehingga tercapainya tujuan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaiman gambaran kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf teks bacaan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf teks bacaan di kelas V SD Negeri 105 Adianjior Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan penelitian kuantitatif (mixed method research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dengan menguji secara bersamaan dan menganalisis menggunakan logika ilmiah. Metode penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif yaitu peneliti berusaha menggambarkan dan menginstrepetasikan objek sesuai dengan apa adanya. Kemudian data-data analisis dengan mengikuti langka-langkah perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini dilakukan di SD Negeri 105 Adianjior Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Maka dapat disimpulkan: Siswa mengalami kesulitan dalam menentukan ide pokok paragraf pada pembelajaran bahasa Indonesia yaitu kesulitan dalam membedakan kalimat utama dan kalimat penjelas, kurang memahami jenis paragraf deduktif dan campuran serta kesulitan dalam meyimpulkan paragraf dan guru memberikan upaya dalam mengatasi kesulitan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf pada pembelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag. M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd. |
Keywords: | Kesulitan belajar siswa dan upaya mengatasi kesulitan belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 05 May 2023 08:25 |
Last Modified: | 05 May 2023 08:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8684 |
Actions (login required)
View Item |