Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi organ pencernaan manusia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1101 Aek Nabara Kabupaten Padang Lawas

Lubis, Yusniati (2022) Penggunaan media tiga dimensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi organ pencernaan manusia di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1101 Aek Nabara Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1101 Aek Nabara Kabupaten Padang Lawas. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode pembelajaran yang belum bervariasi selama proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media tiga dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V pada materi organ pencernaan manusia di SDN 1101 Aek Nabara Kabupaten Padang Lawas?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media tiga dimensi pada pembelajaran IPA kelas V materi organ pencernaan manusia di SDN 1101 Aek Nabara Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tiga dimensi dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pelajaran, mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran, membangkitkan ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan menjadikan suasana kelas menjadi lebih menyenangkan serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Pada prasiklus nilai hasil tes atau nilai rata-rata kelas adalah 49,44% dengan persentase ketuntasan 22,22% dan pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 50,55 dengan persentase ketuntasan 33,33% dan pada siklus I pertemuan II nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 68,33% dengan persentase ketuntasan 61,11% dan pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 71,38% dengan persentase ketuntasan 83,33%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si. dan Syafrilianto, M.Pd.
Keywords: Media tiga dimensi; Hasil belajar; Pembelajaran IPA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 May 2023 07:47
Last Modified: 04 May 2023 07:47
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8683

Actions (login required)

View Item View Item