Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model somatic auditory visual dan intelektual (SAVI) pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 302 Aek Garingging Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal

Sa’adah, Laila (2023) Penerapan model somatic auditory visual dan intelektual (SAVI) pada pembelajaran tematik dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 302 Aek Garingging Kecamatan Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik materi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari kelas V di SD Negeri 302 Aek Garingging. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang monoton dan penerapan model pembelajaran yang bervariasi dan tidak aktif. Oleh karena itu, untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa dapat diterapkan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) yang mengharuskan siswa aktif dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana proses pembelajaran sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran SAVI, dan Apakah hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkan model pembelajaran SAVI di SD Negeri 302 Aek Garingging?. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa di SD Negeri 302 Aek Garingging. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dan instrumen penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) di SD Negeri 302 Aek Garingging. Hal ini dapat dibuktikan dengan pemberian tugas kelompok dan tugas individu, siswa dapat memahami dan menjelaskan materi dengan baik serta dapat mempresentasikan materi setelah melakukan praktik, sehingga hasil belajar siswa meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 71 sebesar 60%, dan siklus 2 dengan nilai rata-rata 88 sebesar 94% setelah menerapkan model pembelajaran SAVI. Penelitian ini dapat diberhentikan setelah mencapai nilai yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si. dan Maulana Arafat Lubis, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar; Somatic Auditory Visual Intelektual (SAVI); Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 May 2023 07:40
Last Modified: 04 May 2023 07:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8682

Actions (login required)

View Item View Item