Lubis, Adelina (2023) Penggunaan metode demonstrasi dan media nyata untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam Kelas IV SDN 200508 Padangsidmpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Text
1820500033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya pada proses pembelajaran hanya diarahkan kepada kemampuan siswa dalam menghafal informasi tanpa dituntut memenuhi informasi yang dihafalnya untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada proses pembelajaran juga hanya terjadi dari satu arah yaitu guru. Guru lebih banyak mengambil peran dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode ceremah sehingga pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa merasa sangat bosan menyebabkan siswa tidak mendengarkan selama guru memberi materi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode demonstrasi dan media nyata dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas IV SDN 200508 Padangsidimpuan Tenggara?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN 200508 Padangsidimpuan Tenggara dengan menggunakan metode demonstrasi dan media nyata. Jenis penelitian ini adalah penelitian penelitian tindakan kelas dengan metode metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk menjabarkan peningkatan hasil belajar IPA siswa. Sedangkan metode penelitian kuantitatif digunakan untuk mengukur nilai hasil belajar siswa dengan data kuantitatif atau perhitungan yang berjumlah 29 siswa dan terdiri dari 18 perempuan dan 11 laki-laki pada kelas IV di SDN 200508 Padangsidimpuan Tenggara. Berdasarkan analisis data, Pada pra siklus jumlah siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa dengan persentase 26,2% dan nilai rata-rata kelas 51,86. Pada siklus I pertemuan I hasil belajar siswa meningkat yaitu nilai rata-rata siswa menjadi 68,10 yaitu 12 siswa tuntas dengan persentase 41,37%. Kemudian pada pertemuan II peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 69, 17 yaitu 21 siswa memiliki nilai tuntas dengan persentase 72,41%. Pada siklus II pertemuan I nilai rata-rata siswa menjadi 79,13 yaitu 22 siswa memperoleh nilai tuntas dengan persentase 76%. Pada siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa 86, 55 yaitu 26 siswa memperoleh nilai tuntas dengan persentase 89,65%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi Perubahan Bentuk Energi di kelas IV SD N 200508 Padangsidimpuan Tenggara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dra. Asnah, M.A. dan Syafriliyanto, M.Pd. |
Keywords: | Penggunaan metode demonstrasi; Media nyata; Meningkatkan hasil belajar siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 04 May 2023 07:27 |
Last Modified: | 04 May 2023 07:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8680 |
Actions (login required)
View Item |