Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran picture and picture pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi Kelas IV di SD Negeri 200501 Salambue Padangsidimpuan Tenggara

Purba, Yustika Wardah (2023) Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran picture and picture pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi Kelas IV di SD Negeri 200501 Salambue Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia untuk menulis puisi. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran yang diterapkan belum optimal dan siswa kurang tertarik dengan proses pembelajaran. Maka, perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran di kelas melalui penggunaan model pembelajaran picture and picture dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa dapat meningkat setelah menggunakan model pembelajaran picture and picture untuk menulis puisi pelajaran bahasa Indonesia kelas IV di SD Negeri 200501 Salambue Padangsidimpuan Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV meningkat dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi di SD Negeri 200501 Salambue Padangsidimpuan Tenggara. Subyek penelitian ini adalah 26 siswa kelas IV, 10 laki-laki dan 16 perempuan. Pengujian, wawancara, observasi dan dokumentasi berfungsi sebagai alat instrumen. Dari hasil penelitian ini, hasil belajar instrumen menulis puisi bahasa Indonesia meningkat dari pre-test yang rata-rata skor siswa 48,7 menjadi skor rata-rata siswa 58,2 sebesar 15,3% (4 dari 26 siswa). pada Siklus I pertemuan II rata-rata nilai siswa 66,2 dan ketuntasan siswa 38,4% (10 dari 26 siswa). Nilai rata-rata siswa adalah 74,1 dengan tingkat ketuntasan 61% (16 dari 26) dan pada Siklus II pertemuan I siklus II pertemuan II nilai rata-rata siswa adalah 85 dengan tingkat ketuntasan 88,4%. Hasil skor yang dicapai dalam penelitian ini sudah mencapai indikator.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar; Model picture and picture; Bahasa Indonesia
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 04 May 2023 07:19
Last Modified: 04 May 2023 07:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8679

Actions (login required)

View Item View Item