Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media pembelajaran pop up book pada pembelajaran tematik materi makananku sehat dan bergizi untuk peningkatan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan

Shintia, Deah (2022) Pengembangan media pembelajaran pop up book pada pembelajaran tematik materi makananku sehat dan bergizi untuk peningkatan hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep siswa pada materi makanku sehat dan bergizi. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan media yang tepat dalam proses pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh, tidak menyukai mata pelajaran yang sulit, mengakibatkan rendahnya hasil belajar. Mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkan media pembelajaran yang menarik serta dapat merangsang imajinasi siswa yaitu berupa media Pop Up Book 3 dimensi pokok bahasan makanku sehat dan bergizi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Padangsidempuan Selatan dengan subjek uji coba produk dikelas IV-B yang berjumlah 26 siswa Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara dan observasi serta menggunakan teknik analisis validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator 3 ahli yaitu ahli materi sebesar 77% (Valid), ahli media sebesar 100% (Sangat Valid), dan ahli bahasa sebesar 84% (Sangat Valid), hasil presentase keseluruhan validator ahli sebesar 87% dengan kategori Sangat Valid, kemudian hasil respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis media Pop Up Book 3 Dimensi yang dikembangkan ternyata dinyatakan praktis melalui lembar angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 82%. Selanjutnya hasil pemberian soal pretest dan postets dilakukan uji signitifikasi dengan menggunakan program SPSS versi 23 dengan sig (2 tailed) = 0, 00<0,05, artinya adanya peningkatan berbasis media Pop Up Book 3 Dimensi dengan hasil belajar sesudah menggunakan media pembelajaran Pop Up Book 3 Dimensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Pengembangan media pembelajaran; Pop up book; Pembelajaran tematik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:23
Last Modified: 27 Apr 2023 08:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8674

Actions (login required)

View Item View Item