Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn materi pancasila di Kelas II SDN 101670 Aek Haruaya Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara

Harahap, Purnama Sari (2022) Penggunaan model picture and picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn materi pancasila di Kelas II SDN 101670 Aek Haruaya Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1820500085.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar PPKn siswa kelas II SDN 101670 Aek Haruaya. Hal ini model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran PPKn masih menggunakan sistem, diktat (catat mencatat), menghafal dan ceramah sehingga membuat siswa pasif pada saat pembelajaran. Sehingga perlu digunakan model pembelajaran yang baru yaitu model pembelajaran picture and picture. Model pembelajaran picture and picture belum pernah diterapkan dalam pembelajaran PPKn di SDN 101670 Aek Haruaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SDN 101670 Aek Haruaya, Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas II SDN 101670 Aek Haruaya, agar siswa aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung dan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengajar pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus yang dilakukan secara berulang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Aek Haruaya yang berjumlah 33 siswa dan objeknya adalah pembelajaran PPKn. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PPKn yang dapat dilihat dari nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar siswa. Nilai rata-rata pada kondisi awal adalah 69,39, meningkat pada siklus I menjadi 74,84 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 79,84. Persentase ketuntasan hasil hasil belajar pada kondisi awal adalah 39,39%, meningkat pada siklus I menjadi 74,84% dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 87,87%. Dengan demikian ketuntasan hasil belajar kalsikal sudah berhasil dicapai yaitu 75% siswa mendapat nilai lebih dari KKM yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd. dan Hj. Hamidah, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar PPKn; Model pembelajaran picture and picture
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Apr 2023 08:16
Last Modified: 27 Apr 2023 08:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/8673

Actions (login required)

View Item View Item